“Salah Tingkah ala Remaja”

SALTING Bikin Mati Gaya…..!!!

 1620362_358115024330757_1289894715_n

SALTING atau salah tingkah biasa terjadi, karena ingin terlihat sempurna di depan orang banyak atau seseorang atau justru karena orang itu baru saja melakukan kesalahan didepan banyak orang atau seseorang. Istilah simpelnya sih…..GUGUP.

Ehm! Salting mengakibatkan orang terlihat bodoh dari biasanya . seperti yang pernah dialami oleh Siswi yang baru naik kelas XI “Yetta Santika Ansanay”  Saya paling takut salting konyol,terutama saat berada didalam kelas, karena di dalam kelas itu terdapat seseorang yang saya sukai. Saya tak ingin taksiran saya itu melihat saya salah tingkah. Ujarnya sambil tersenyum.

Saya sering diam-diam memandanginya kalau berada di dalam kelas, tapi saya jaga juga jangan sampai tertangkap mata olehnya. Pernah saat aku melamun gitu ke arahnya, dengan reflex dia tiba-tiba berbalik dan melihat kea rah ku…ahhh maluu banget deh !!! xixixixix. Ujarnya

Spontan pandangan itu membuat saya benar-benar kaget hingga salting di hadapan orang yang saya sukai. Karena saya kaget dan panik akan kejadian tersebut, saya langsung berdiri dan berpura-pura sedang mencari sesuatu yang hilang dan berharap tingkah saya tidak terlihat aneh.

“Saat orang yang saya sukai telah berjalan jauh. Dari belakang teman-teman yang memperhatikan sikapku tertawa tertawa terbahak-bahak atas perilaku saya yang bagi mereka itu lucu dan aneh.

Akan tetapi, tak masalah asalkan yang mengetahui salting saya bukanlah teman yang saya taksir sejak lama. Salting atau salah tingkah pernah juga saya alami saat berbicara dengan teman yang saya taksir lho..hihihi,. Saat lebih memilih didalam kelas dibanding ke kantin bersama teman, saya pernah salting dahsyat lantaran dihampiri seseorang yang saya taksir itu serta diajak berbicara.

“uft, saat dia masuk, saya jadi gugup, dan dia pun duduk dihadapanku dan mengajak ngobrol . aku yang tadinya cerewet banget di depan orang –orang jadi seperti orang gagu. Bukan hanya itu kata-kata yang kukeluarkan pun sedikit tidak beraturan,”. Cetus sih cewek berdarah Serui ini.

Keringat dingin adalah sikap yang khas dari dirinya ketika salah tingkah. Entah dengan alasan yang jelas ia mengungkapkan hal itu. Terlagi salting didepan orang banyak.

Semua itu karena dia terlalu panik,khawatir,dan juga takut, tapi tak lebay amat. Gerakan tambahan dibuat seolah tak sesuai dengan yang ia ingin lakukan sebelumnya.

Teman-temanku mengatakan kalau aku salting itu menonjol sekali,terutama beberapa kejadian yang lalu. Justru itu mereka menyarankan agar aku kalau sedang salting segera mencari kesibukan agar  tak terlalu tampak . tapi bagiku sama saja,”. Ucap cewek kelas XI disalah satu SMA di Dok V.

 

 10489701_305305849647813_6476916793766680263_n

 

Salting pernah juga dialami oleh Christien Korwa .

Gadis berkulit coklat ini pernah mengalami beberapa kali salah tingkah berada di depan teman-temannya.’’kalau saya sedang ngobrol dengan salah satu teman di depan umum, saya akan latah berbicara bahkan tidak nyambung dengan topik pembicaraan ketika saya mengetahui dan meilhat langsung yang memperhatikan saya dari kejauhan ,’’. Ungkap Christien lewat email.

Selain itu, gadis berambut pendek ini juga akan salah tingkah ketika berhadapan langsung dengan cowok idamannya dan ketika diajak ngobrol dengan cowok itu, dia sering tidak nyambung dengan pembicaraan .

“Saat saya baru kenal cowok itu, saya sering tidak nyambung kalau diajak ngobrol dan saya akan gampang grogi kalau cowok itu menatap saya,”. Ucapnya sambil tersenyum pahit..hihihi

Pembicaraan dengan temannya yang awalnya lancar-lancar saja berubah menjadi berantakan dan tidak fokus lagi. Itulah akibat dari salah tingkahnya. “Teman-teman sih sudah tahu gerak-gerik saya kalau salah tingkah. Jadi kalau saya salah sedikit dan tidak fokus lagi saat ngobrol,mereka akan langsung menebak kalau saya sedang grogi dan malu terhadap sesuatu dan malu terhadap sesuatu,’’. Ketik Christien di email

Cara yang paling jitu agar salah tingkahnya tidak terulang lagi,saat ngobrol dengan seseorang harus fokus dengan teman berbicara dan berusaha untuk memperhatikan kesana-kemari. “ kalau ngobrol dengan orang yang disukai ya berusaha untuk menatap matanya, agar tidak grogi dan membuat diri malu sendiri di depannya,’’jelasnya.

Siswa yang dapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah di bali ini mengaku bahwa salah tingkah pernah dialaminya lantaran ia akhir-akhir ini lagi banyak pikiran .’’perasaan saya sih sangat gugup kalau sedang berhadapan dengan sesuatu yang membuatku salah tingkah,” ujarnya dengan akhir tanda tersenyum lewat email

 

remajamaludlmts

 

SALAH tingkah pernah dialami cewek manis bernama Etha Worabay. Saat pulang sekolah ia harus melewati deretan para cowok yang sedang duduk dan ngobrol di pinggir jalan dan karena ia malu dan grogi , dia menundukan kepalanya dan berusaha tidak menatap mereka .

“Saking groginya,aku jadi salah tingkah. Saat mereka menggangguku dan menyapaku dengan menyapa selamat pagi, aku langsung menjawab selamat pagi juga dan mereka tertawa,aku baru sadar kalau ini sudah siang bolong,”ujarnya.

Ia juga pernah salah tingkah ketika melewati rumah cowok yang disukainya dan pada saat itu cowok ini berada didepan rumahnya , dia mengganggu aku saat aku melewati rumahnya karena aku sangat malu dan tidak sadar kalau ada lubang besar di depanku dan hampir aku terjun kedalam got/parit.” Ungkap cewek yang kalau menyanyi Fales banget tuh 😀 hihihih

Cara aku mengatasi agar aku tidak salah tingkah lagi adalah dengan tampilpercaya diri didepan umum,cuek dengan gangguan-gangguan itu dan akan lebih mudah kalau sambil mengunyah pernah mengunyah permah karet,” ujar cewek yang dikelas giginya suka sakit .

——————–

 

Nggak PD dengan Penampilan Baru

551225_266402233469265_1935541444_n

DI AWAL awal aku masuk SMP ,aku sangat tidak PD dan selalu salah tingkah lantaran penampilan baru aku. Eh, Namanya JOJO , singkatan !

“Aku adalah cewek yang tomboy jadi saat menggunakan rok agak aneh gimana gitu deh,akhirnya sering salah tingkah ketika bertemu teman-teman baruku,”ucapnya.

Sering menjadi pusat perhatian setiap memasuki ruangan kelas membuatnya sering mengalami hal-hal buruk .”aku sering banget kesandung saat berada di depan umu,padahal aku berjalan dengan benar ,tetapi karena aku malu dengan penampilan baruku,aku menjadi gugup saat di depan teman-teman.”terang cewek berkulit agak putih ini.

Menggunakan rok merupakan kebiasan yang terpaksa dilakukannya sejak SMP .

“setelah beberapa lama aku mengalami hal buruk akibat tidak percaya diri,aku mulai mengbah pendirianku yang tadinya sangat malu dengan penampilan baruku menjadi sangat percaya diri. Aku berusaha cuek ketika menjadi pusat perhatian dan cara ini sangat ampuh mengatasi salah tingkahku itu dan aku mulai manjadi cewek tulen,’’. Jelas cewek yang suka makan pinang ini.

 ————————————-

 

 1972523_1395312094067059_2069887306_n

 

Harga Diri Jatuh

Sativa baru saja mengalami pengalaman buruk dihadapan adik-adik juniornya yang baru saja mengikuti MOS. Pengalaman buruk itu dialaminya karena dia bertingkah konyol di depan umum.

“Saya malu sekali karena saat kerja bakti kemarin, saya salah tingkah di depan umum. Semua itu gara-gara teman saya yang usil mengisengi saya. Saat sedang serius mengawasi adek siswa  baru bersih-bersih. Dari belakang badan saya ,ada seorang teman diam-diam menaruh kecoak di bahu kiri saya,” ungkap cewek yang ramah ini.

Saat dikejutkan oleh temannya itu, dia langsung melirik ke bahunya itu dan berteriak histeris layaknya sedang menonton film horror di malam jum’at. Ketakutannya yang berlebihan itu,sontak membuat siswa/i baru yang merupakan adek tingkatnya menertawainya.

“setiap kali dikejutkan orang, apalagi ditakut-takuti dengan kecoak ataupun serangga lainnya saya selalu bersikap seperti itu. Saya bahkan tidak bisa mengendalikan diri hingga semakin ditertawai semua orang  yang ada disekitarku.” Ujarnya sambil mengutak-atik hp.

 

 

Sumber : Yetta, Etha, Jojo, Sativa,Christien

Teman-teman SMP !

Tinggalkan komentar